Di tengah Pandemi Covid-19 layanan pengiriman menjadi salah satu industri yang sangat penting dan dibutuhkan. Tak hanya karena semua orang membutuhkan pengiriman barang, namun juga disebabkan pergerakan yang dibatasi untuk menekan penularan / berkembangnya Covid-19. Tak heran jika kondisi banyak dilirik orang dan menganggap bisnis ini sangat menjanjikan. Perlu diketahui, bahwa bisnis cargo / bisnis pengiriman mempunyai karakteristik dan tantangan yang tidak ringan?
Bisnis pengiriman dan logistik harus berhadapan dengan kondisi yang tidak menentu, kondisi dan ombak laut yang sulit untuk diprediksi, terjadinya bencana alam dan terjadinya cuaca yang sering berubah-ubah. Melihat itu resiko keterlambatan barang menjadi tinggi sehingga harus dicermati dan disikapi dengan bijaksana. Jika terjadi tentu harus ada alternatif-alternatif sehingga bisnis menjadi bergairah, terutama pada ketersediaan layanan konsumen yang handal dalam hal melayani komplain dan pertanyaan-pertanyaan.
Menjadikan sangat penting tentunya dan memberikan dampak pada bisnis ini dalam meningkatkan kerjasama pengiriman dan membuat mereka / pelanggan melakukan pengiriman kembali, terdapat beberapa trik yang wajib diketahui.
PENGIRIMAN TEPAT WAKTU
Mengirimkan barang tepat waktu dan sukses adalah suatu keharusan. Dengan mempertimbangkan segala hal yang mungkin terjadi, jasa pengiriman / jasa cargo / jasa logistik wajib memberikan perkiraan waktu tiba yang masuk akal. Ketika barang bisa dikirim dengan hitungan 3 - 4 hari, akan menjadi masalah jika terjadi sesuatu yang menyebabkan pengiriman tertunda.
Jadi pastikan, dengan mempertimbangkan segala hal dalam proses pengiriman agar tidak memberikan harapan semu / harapan palsu pada pelanggan. Pada akhirnya orang / pelanggan akan lebih puas jika barang sampai sebelum estimasi / perkiraan yang diberikan.
PELACAKAN PENGIRIMAN BARANG
Saat ini, dengan terjadinya perkembangan teknologi dan kebutuhan hampir semua jasa pengiriman menyediakan fitur pelacakan barang. Hal ini memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi pelanggan utamanya jasa pengiriman. Pelanggan merasa puas, pelanggan mendapat informasi lengkap terkait proses pengiriman sampai ditujuan, sedangkan untuk jasa pengiriman kepercayaan pelanggan menjadi meningkat dan akan terjadi pengiriman berulang-ulang.
Satu hal yang harus dipastikan adalah sistem yang digunakan harus beroperasi dengan optimal dan real time. Jika masih manual, pastikan juga melakukan update dengan konsisten dan disiplin.
PROTEKSI PADA BARANG YANG DIKIRIM
Proteksi adalah sangat penting dan wajib diperhatikan dalam kaitannya barang sampai ditujuan. Ketika pelanggan mengirimkan barang dalam kondisi 100%, maka idealnya barang sampai ditujan pada kondisi 100% juga.
Untuk memaksimalkan kondisi ini / proteksi ini hal-hal yang harus dilakukan adalah menggunakan packing yang aman. Bisa menggunakan bubble wrap, kardus, steroform bahkan packing kayu atau kontainer. Semakin besar nilai barangnya atau barang-barang yang membutuhkan penanganan khusus maka semakin besar proteksi yang harus diberikan / dilakukan. Hal ini berlaku untuk semua jenis barang, dari yang kecil sampai yang besar.
Dalam proteksi masalah keamanan juga menjadi hal yang penting. Dengan proteksi yang maksimal, barang bisa dikirim dengan aman sampai ditujuan tanpa mengalami cacat, kerusakan bahkan kehilangan.
BIAYA PENGIRIMAN YANG MASUK AKAL
Mengenai biaya pengiriman siapa yang tidak mau mengirimkan barang dengan harga murah? Harga punya pengaruh yang tinggi karena dengan harga yang sangat terjangkau para pelanggan pasti akan mempertimbangkan untuk melanjutkan pengirimannya dan memiliki satu poin untuk keunggulan jasa pengiriman.
Untuk hal ini harus dilakukan riset atau mengumpulkan informasi terlebih dahulu pada kompetitor dan pada usaha sejenis maupun hal-hal yang berkaitan dengan proses dan keterkaitan lainnya pada jasa pengiriman.
Menjalin hubungan baik dengan vendor dan mitra pengiriman tentu harus dilakukan. Mengapa perlu dilakukan? karena dengan melakukan kerjasama dengan vendor / mitra pengiriman, selain mempermudah proses pengirimannya juga akan diperoleh hitungan biaya yang tepat bahkan bisa mengurangi biaya-biaya tak terduga di lapangan.
Jika itu dilakukan bisa mendapatkan biaya pengiriman yang lebih rendah dan penjualan dapat meningkat karena harga yang ditetapkan menjadi terjangkau.
MANFAAT TEKNOLOGI
Untuk mendukung layanan pengiriman, banyak jasa pengiriman melakukan inovasi dengan mengembangkan aplikasi unutk mendukung operasionalnya. Untuk urusan pemesanan, cek harga, penjemputan, tracking dan tracing semua diharapkan bisa selesai dalam satu aplikasi yang siap diunduh dan digunakan secepatnya.
Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi jasa pengiriman. Jika tidak mau berdaptasi / penyesuaian-penyesuaian bukan tidak mungkin perusahaan akan tergilas dan kolaps.
Dengan melakukan trik dan upaya ini diharapkan pelanggan berkembang menjadi lebih banyak dan memiliki loyalitas tinggi. Pada akhirnya penyelengga jasa pengiriman barang tidak hanya untuk mengirimkan barang, tetapi juga memberikan solusi dan kepuasan pada pelanggannya.
Untuk yang ingin dan minat belajar / membuka usaha pengiriman dan cargo bisa dengan mudah mendaftar sebagai mitra di perusahaan-perusahaan jasa pengiriman.
GCB Cargo - Gisea Cipta Buana sebagai salah satu penyelenggara jasa pengiriman barang memberikan kesempatan untuk kerjasama bisnis ini dengan syarat dan ketentuan yang sangat mudah.
Jika berminat bisa dilihat di gcbuana.com dan atau biasa melalui email mbagus2011@gmail.com atau via wa di 081216146686
SALAM SUKSES .....
0 Komentar